Operasi Razia Tambang di TNTP Digelar Lagi Maret

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 27 Februari 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah sempat terhenti lantaran penyelenggaraan pilkada, razia aktivitas tambang liar di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) akan kembali dilanjutkan Maret mendatang.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Balai TNTP, Saut Manalu menjelaskan, razia akan terus digeber hingga kawasan konservasi orangutan terbesar di dunia tersebut benar-benar bebas dari aktivitas pertambangan.

Manulu mengatakan, pihaknya kini tengah menunggu kesiapan pihak TNI dan pihak terkait lain, untuk melanjutkan operasi itu. "Kita masih menunggu TNI. Mungkin 8 Maret kita berangkat. Kegiatan berikutnya, masih akan kita laksanakan di dalam kawasan," ujar Manalu, Senin (27/2/2017).

Ia mengatakan, seharusnya patroli tambang digelar 21 Februari lalu. Namun, banyak anggota tim gabungan yang belum siap, sehingga harus ditunda.

Dari dua operasi yang sudah dilakukan, para petugas mendapati puluhan alat tambang dan pondok para penambang di beberapa titik di dalam kawasan TNTP. Alat mesin tambang dan pondok milik para penambang tersebut selanjutnya dirusak dan dibakar. Namun, belum satu pun penambang liar berhasil dibekuk. (RADEN ARIYO/B-10)

Berita Terbaru