Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Aruta kian Parah, 2.190 Jiwa Butuh Bantuan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 03 Maret 2017 - 21:04 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banjir di Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat makin meluas. Saat ini, ada 2.190 jiwa yang membutuhkan bantuan. "Kami menghitung ada 2.190 jiwa yang saat ini memerlukan bantuan. Meski saat ini masyarakat tetap bertahan di atas bale yang mereka buat di dalam rumah, kami meminta masyarakat untuk segera mencari tempat yang aman, sehingga kami memerlukan perahu karet," kata Camat Aruta Marwoto, Jumat (3/3/2017).

Marwoto menjelaskan, selama lima hari debit Sungai Arut terus meningkat. Akibatnya, banjir sudah menyebar hingga 10 desa dan kelurahan Pangkut.

"Semua desa yang ada di Kecamatan Pangkut terendam air, bahkan akses jalan menuju ke desa-desa putus. Kami juga kesulitan untuk menyalurkan bantuan yang diperlukan masyarakat di sana," terangnya.

Marwoto merinci jumlah rumah yang sudah tenggelam di 10 desa dan Kelurahan Pangkut yakni Desa Sukarami 40 rumah, Gandis 70 rumah, Kerabu 70 rumah, Nanga Mua 60 rumah, dan Kelurhan Pangkut 200 rumah. Kemudian, Penyombaan 100 rumah,Pandau 30, Sungai Dau 30, Sambi 60, Panahan 60 dan Desa Riam 10 rumah. Bahkan, akses jalan menuju Pangkut pun sekarang sudah terendam air dengan ketinggian 1 meter lebih.

Terisolasi

Sementara itu, Babinkamtibmas Desa Sukarami Bripka Ratno Eko Mandiri menyatakan, Desa Sukarami benar-benar terisolir. Jalan menuju desa itu terendam air. Padahal, jalan menuju desa tersebut hanya satu dengan kondisi terparah di jembatan gantung denan ketinggian air mencapai 2 meter. "Pustu pun sudah terendam, sehingga sementara tutup," katanya.

Jalan menuju Sukarami yang terputus, menurut Ratno, menyulitkan pihaknya untuk menyuplai bahan makanan.

Kepala Puskesmas Arut Utara Imanudin mengatakan, saat ini warga mulai mengalami diare dan gatal-gatal pada kulit. Kondisi kesehatan warga diketahui dari meningkatnya jumlah kunjungan ke Puskesmas.

"Di Puskesmas Arut Utara ada dua dokter umum, kami siap melayani 24 jam, termasuk bila ada yang harus dirujuk, kami siap," kata Imanudin. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru