PMI Kotim Kekurang Stok Golongan Darah A

  • Oleh Noor Annisa
  • 04 Maret 2017 - 20:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengalami kekosongan stok golongan darah A. Menurut Roni, petugas bank darah, saat ini pihaknya mempunyai 72 stok kantung darah yang terdiri dari 13 kantung golongan darah AB, 29 kantung golongan darah B dan 30 kantung golongan darah O. Tetapi untuk golongan darah A sampai hari ini masih kosong "Untuk hari ini kami masih kekurangan stok darah A," ujar Roni kepada Borneonews, Jumat (4/3/17).

Padahal, kata dia, permintaan darah datang dari banyak pihak, mulai Rumah Sakit Murjani, Klinik Sari Medika, Klinik Obor, bahkan dari Rumah Sakit Seruyan dan Katingan. "Permintaan darah tidak hanya dari dalam kota saja tapi dari luar kota sampit pun banyak," tutur Roni.

Dia menyebutkan, kurangnya ketersediaan darah karena masih minimnya pendonor darah. Meski begitu, apabila ada permintaan darah A pihaknya akan tetap berusaha untuk menyediakan. "Kami akan berusaha menghubungi pendonor darah aktif, yang sudah ada di database kami sesuai kebutuhan darah yang diminta," tutup Roni. (NOOR ANNISA/B-8)

Berita Terbaru