Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAD: Sekda Kotim Harus Putra Daerah, Mengapa

  • Oleh Naco
  • 06 Maret 2017 - 00:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Dewan Adat Daerah (DAD) Kotim Tjumbi memberi penegasan agar siapa nantinya yang menjadi sekretaris daerah (Sekda) Kotawaringin Timur (Kotim) menggantikan Putu Sudarsana yang tidak lama lagi memasuki masa pensiun harus putra daerah. Hal tersebut menurutnya sudah menjadi keinginan mereka dari kelembagaan adat dayak di kabupaten ini.

Keinginan Tjumbi sendiri bukan tanpa alasan karena menurutnya dengan menempatkan Sekda putra daerah Kotim tentu suatu penghargaan bagi masyarakat adat dayak di Bumi Habaring Hurung ini. Tjumbi yakin putra-putra terbaik daerah tracrecordnya tidak kalah dengan calon lain.

Seperti nama-nama putra daerah yang ia nilai sangat potensial yakni Asisten II Setda Kotim Halikinnor dan Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Kotim, Jakatan. Dua nama tersebut memang ramai diperbincangkan saat ini."Apalagi Pak Halikin, meski dibandingkan nama lain ia paling junior tapi jika melihat dari kemampuannya sudah sangat layak jadi sekda, "ujarnya, Minggu (5/3/2017).

Dari itu menurut Tjumbi jelang pemilihan sekda nanti mereka sudah sepakat akan melayangkan surat kesepakatan bersama yang ditujukan kepada Bupati Kotim, agar bisa mengakomodir keinginan mereka, sebagai bentuk pemberian penghargaan kepada putra daerah Kotim.

Sejumlah nama yang dinilai mampu menggantikan Putu jika sudah purna tugas yakni Jakatan Kadis Kelautan dan Perikanan, Halikinnor Assiten II Setda Kotim, Sanggul L Gaol Kadiskominfo dan Suparmadi Kadis Pendidikan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru