Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkades Pelantaran Berpotensi Ditunda

  • Oleh Naco
  • 06 Maret 2017 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kotim Dadang H Syamsu menilai pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kotawaringin Timur (Kotim) berpotensi ditunda. Karena ada beberapa permasalahan yang tengah dihadapi, sementara waktu pelaksanaan terus berjalan.

Dikatakan Dadang, pihaknya sudah menerima laporan dari Beny BU Jangking dan Heldy. Itu menurutnya akan segera mereka tindaklanjuti ke panitia kabupaten, karena menurut Dadang panitia kabupaten yang berwenang melakukan evaluasi kepada panitia desa tersebut.

"Dari hasil peninjuan dilapangan nanti bisa diketahui dan diputuskan apakah pelaksanaannya bisa dilanjutkan atau tidak," tukas Politisi PAN itu, Senin (6/3/2017).

Pihaknya, menurut Dadang, sebatas memberikan arahan, mengingat aturan dalam Perda sudah jelas. Terkait masalah di Pelantaran menurutnya ada beberapa masalah yang terjadi akibat tidak berpedoman dengan Perda. Di antaranya dalam hal penetapan DPT. "Di mana DPT itu tidak boleh diubah kecuali yang bersangkutan meninggal dunia," ujarnya.

Selain itu, tahapan penjaringan dari 27 Februari-7 Maret 2017 dan belum dilakukan verifikasi sementara hasilnya sudah dikeluarkan panitia di mana mereka langsung menolak Beny dan Heldy. "Kita kembalikan ke panitia kabupaten untuk memutuskan apakah hak calon kembali menjdi calon atau seperti apa," ujarnya.

Namun akibat masalah ini menurut Dadang dapat berpotensi kalau Pilkades di sana akan ditunda di pelaksanaan berikutnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru