Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Imbauan Kepala Dinas Kesehatan untuk Warga Korban Banjir

  • Oleh Naco
  • 07 Maret 2017 - 07:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat yang menjadi korban banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta untuk mewaspadai penyakit kulit. Bahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim sudah mewaspdai hal tersebut.

"Biasanya kalau musim banjir itu rentan terjadi penyakit kulit dan diare, namun petugas kita sudah siap," kata Kepala Dinas Kesehatan, dr Faisal Novendra Cahyanto, Selasa (7/3/2017).

Dikatakan Faisal daerah yang sering terjadi banjir di Kotim sudah diketahui melihat pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, seperti di daerah Kecamatan Mentaya Hulu, Cempaga Hulu, Bukit Santuai, dan Kota Besi. "Daerah banjir itu dari dulu itu-itu saja sehingga jauh-jauh hari sudah bisa kita antisipasi,"ujar Faisal.

Mulai dari tenaga medis, sampai persediaan obat menurut Faisal sudah siap. Terutama pencegahan untuk penyakit kulit, diare dan liptuspiral yang berasal dari tikus. "Namun liptuspiral ini belum kita temukan, yang sering terjadi penyakit kulit," ujarnya.

Sejak Februari lalu ada sejumlah desa sempat terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi, seperti di Desa Sei Ubar, Kecamatan Cempaga Hulu, Hanjalipan Kecamatan Kota Besi, serta desa Tangar dan Baampah Kecamatan Mentaya Hulu. "Selain persiapan menghadapi musim hujan kering ini juga kami juga mempersiapkan dalam menghadapi musim kemarau nanti," pungkas Faisal. (NACO/B-5)

Berita Terbaru