Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PLTBg Hibah Kementrian ESDM di Lamandau Akan Diujicobakan Akhir Bulan Ini

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 Maret 2017 - 14:28 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) yang merupakan proyek hibah Pemerinth Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) RI tahun 2016 lalu, akan diujicobakan pada akhir bulan Maret 2017 ini.

"PLTBg tersebut akan kita ujicobakan akhir bulan Maret ini, pak Bupati sudah setuju," kata Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Lamandau Budi Prastowo, kepada Borneonews, Rabu (8/3/2017).

Budi menyebut, pengujicobaan PLTBg tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakan PLTBg yang dibangun di sekitar Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di desa Perigi Raya, Kecamatan Bulik tersebut sudah dapat dioperasikan atau belum. PLTBg tersebut juga nantinya akan menggunakan bahan baku limbah cair dari PKS.

Lebih-lebih, kata dia, sebagaimana rencana awal, adanya PLTBg tersebut akan menghasilkan tambahan daya sebesar 1 Megawatt (MW), yang akan sangat menguntungkan Lamandau yang masih kekurangan daya listrik.

"Jika nanti sudah diujicobakan diketahui bahwa PLTBg-nya lancar dan sesuai harapan, maka tidak menutup kemungkinanan akan segera dioperasikan dengan jaringan pendisitribusiannya melalui PLN," kata Budi.

Sehingga, kata dia, jika PLTBg-nya clear, kedepan pemkab melalui pihak terkait akan mengambil langkah cepat untuk melakukan persiapan selanjutnya, baik dari sisi penyiapan teknisinya hingga rencana pembuatan jaringan untuk di salurkan ke jaringan milik PLN. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru