Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Kepala Daerah Mau Dukungan PAN Syaratnya Harus Komitmen

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 09 Maret 2017 - 19:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Kalteng kebagian 11 kabupaten/kota. Para kontestan pilkada, boleh saja mendatangi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk meminta dukungan. Namun syaratnya harus pegang komitmen.

Demikian ditegaskan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan saat melantik Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN tingkat kabupaten/kota se-Kalteng di Hotel Swissbel Danum di Jalan Tjilik Riwut KM 5 Palangkaraya, Kamis (9/3/2017). "Pertama adalah yang komitmen terhadap janjinya terhadap masyarakat," kata Zulkifli.

Ia melanjutkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan DPD PAN konteks berfikirnya bagaimana PAN di Kalteng bisa menempatkan kadernya di nomor satu (calon bupati/wali kota) atau nomor dua (calon wakil bupati/wakil walikota). Meskipun tidak menutup kemungkinan PAN akan menerima calon non kader yang berpotensial unggul.

Menindaklanjuti pernyataan Ketum PAN itu, Ketua DPW PAN Kalteng Darwan Ali sudah menyiapkan dua alternatif strategi. Yakni, tetap mengusung kader dan opsi kedua mengusung non kader yang bersungguh-sungguh ingin membangun daerahnya. Alternatif kedua dipersiapkan agar saat tidak ada kader yang maju, maka PAN akan bisa mengsung siapapun yang benar-benar layak.

"Yang pertama kita lihat adalah yang komitmen terhadap janjinya terhadap masyarakat Pasalnya, dalam berpartai kepercayaan masyarakat selaku pemilik hak suara yang paling penting. Karena ituperlu diingatkan kepada seluruh kader,' kata Zulkifli.

Untuk momentum pemilu legislatif pada 2019 mendatang, Zulkifli menargetkan, paling tidak PAN bisa berada di posisi 2 atau 3. Ia yakin partainya mampu meningkatkan suara minimal 6 kursi ditiap kabupaten/kota, seperti dijanjikan Ketua DPW PAN Kalteng Darwan Ali. 'Ingatkan kader agar selektif dalam mengusung pasangan calon. Paling utama yang harus diusung adalah calon yang memiliki komitemen untuk membangun daerah,' kata dia.

'Saya juga meminta fokus, agar semua kader dan simpatisan bergerak untuk memenangkan Pilkada dan Pileg 2019 mendatang dengan meningkatkan raihan suara. Saya pegang janji Ketua DPW PAN Kalteng untuk meraup suara minimal 6 kursi di tiap kabupaten," kata dia.

Sementara Bendahara PAN Kalteng Tommy Irawan menyebut optimismenya setiap DPD memenuhi target itu di setiap wilayahnya. "Mari kita terus semangat dan menunjukkan optimisme kita. Selamat bagi pengurus DPD se-Kalteng yang telah dilantik dan selamat menunaikan tugasnya sekembali ke daerah masing-masing," ucapnya. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru