Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Penderita Hipertensi dan Diabetes di Kotim Lebihi Persentase Nasional

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Maret 2017 - 19:39 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar, penderita penyakit hipertensi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mencapai 12,2 % dari total seluruh penderita penyakit

'Di Kotim merupakan terbanyak penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, yang mencapai 12,2 %,' ujar Kepala Puskesmas Baamang II Yunita Ristianti, Selasa (14/3/2017).

Banyaknya penderita hipertensi di Kotim yang mencapai 12,2 % tersebut melebihi rata-rata penderita di Kalteng yang hanya 10,6 %, bahkan nasional lebih rendah lagi yakni 9,4%.

Sedangkan untuk penderita diabetes di daerah ini mencapai 1,8 %. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan di Kalteng yang hanya 1,2 % dan juga nasional 1,5 %.

'Masyarakat daerah ini harus sadar, begitu pentingnya menjalankan hidup sehat. Sehingga bisa terhindar dari dua penyakit tersebut,' kata Yunita.

Yunita juga menerangkan, ada sekitar 30 jenis penyakit tidak menular, di antaranya hipertensi, diabetes melitus, asma, PPOK, kanker, jantung koroner, stroke, cedera dan cedera pada pengendara sepeda motor. Dari penyakit-penyakit itu, angka penderita di Kotawaringin Timur melebihi angka rata-rata penderita di tingkat provinsi dan nasional.

"Sejak tahun 2000, penyakit tidak menular menjadi penyebab terbesar kesakitan, kecacatan dan kematian. Umumnya dipicu makanan dan pola hidup yang tidak sehat," terang Yunita.

Untuk itulah perlunya pengetahuan tentang pengendalian dan pencegahan penyakit tidak menular. Agar bisa terhindar dari penyakit tidak menular tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru