Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilihan Ketua RT Rasa Pilkada di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 19 Maret 2017 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Warga RT 009/RW 003, Pasar Dermaga Jalan Meranti Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara (Barut) menggelar pemilihan ketua RT dengan cara unik. Pemilihan itu didesain layaknya pemilihan kepala daerah (pilkada): ada tempat pemungutan suara, kotak suara, surat suara, dan petugas-petugasnya.

Pemilihan ketua RT yang digelar Minggu (19/3/2017) itu hanya diikuti dua calon, yaitu calon nomor urut 1 Muksin dan nomor 2 Nurpansyah (Siro). Warga menggunakan dana swadaya untuk menggelar pemilihan ini.

Lurah Lanjas, Tri Winarsih menyatakan, pemilihan ini penting bagi pembelajaran demokrasi masyarakat. 'Berbeda dengan pemilihan lain yang relatif sepi peminat karena kebanyakan orang enggan untuk dipilih sebagai ketua RT karena takut direpotkan dengan urusan warga, sehingga banyak ketua RT yang menjabat sampai puluhan tahun bahkan sampai seumur hidup,' katanya.

Ia menyatakan, kegiatan ini juga menunjukkan jiwa sosial, gotong royong dan kepedulian warga terhadap lingkungan masih sangat tinggi di Kelurahan Lanjas.

Dari 234 suara, calon nomor 1, Muksin akhirnya memenangkan pemilihan dengan meraih 165 suara. Sedangkan Nurpansyah hanya mendapatkan 68 suara, dan satu suara tidak sah. (RAMADHANI/B-10)

Berita Terbaru