Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Segudang Prestasi AKBP Hendra Wirawan Selama Menjabat Kapolres Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Maret 2017 - 21:04 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kenangan indah ditinggalkan AKBP Hendra Wirawan dari kursi jabatannya sebagai Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim). Beragam prestasi terukir sejak dirinya menjabat kapolres yang dimulai pada Mei 2015 lalu.

Prestasi itu pun beragam hingga puncaknya mengantarkan Polres Kotim sebagai salah satu polres terbaik di Indonesia dalam penerapan program profesional, modern, dan terpercaya (Promoter) Kapolri. Kemudian, dalam hal pengungkapan kasus kriminal, yang tak jarang menghiasi perwajahan media di Kalteng.

Namun Rabu (23/32017), Hendra yang memiliki nama panggilan akrab Hawe itu resmi meninggalkan jabatan tertinggi di Polres Kotim. Dia melanjutkan karier kepolisiannya sebagai Kepala Bagian (Kabag) Pembinaan dan Karir (Binkar) Biro SDM Polda Jawa Tengah (Jateng).

Dalam perjalanannya, Hendra selalu menyuarakan jajarannya menabuh genderang perang terhadap narkoba. "Narkoba ini kan perusak generasi bangsa. Harus diberantas hingga ke akarnya," kata Hendra.

Perang itu pun terbukti dengan besarnya tangkapan jajaran Polres Kotim di bawah kepemimpinan Hendra. Apalagi, dengan tangkapan dengan barbuk terbesar di wilayah Kalimantan Tengah, yang mencapai 400 gram.

Perang terhadap narkoba pun tidak hanya dikumandangkan ke luar. Di lingkungan internal pun, Hendra selalu mewanti-wanti jajarannya untuk tidak terlibat narkoba. Tapi, masih saja ada yang membandel, hukuman pun diberikan seperti pemecatan.

Selain itu, sejumlah pengedar dengan beragam profesi mulai dari masyarakat biasa, honor daerah, pegawai negeri sipil (PNS), guru, dosen, hingga kepala desa juga tidak segan dia tangkap karena mengedarkan narkoba. Ratusan ribu barang bukti obat terlarang berupa zenith carnbophen dan puluhan bandar juga berhasil digulung.

Sedangkan untuk pengungkapan kasus tindakan kriminal, prestasinya tidak kalah mentereng. Seperti pembunuhan di Desa Karang Tunggal, Kecamatan Parenggean, pada (14/7/2015) lalu, yang menewaskan satu keluarga berjumlah lima orang. Hanya dalam waktu sekitar sepekan, pelakunya berhasil diringkus.

Tidak hanya itu, hampir semua kasus pembunuhan yang terjadi di Kotim ini berhasil diungkapnya bersama jajaran baik itu di polres maupun di polsek-polsek.

Selain prestasi di bidang narkoba, dan tindakan kriminal. Kerjasama dengan pihak pemerintahan dan juga masyarakat, tokoh agama, hingga tokoh adat, serta organisasi kemasyarakatan juga berjalan sangat baik.

Seperti halnya dengan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotim. 

'Selama ini Polres Kotim di bawah komando AKBP Hendra Wirawan, sangat menjalin kerjasama yang baik dengan insan pers di Kotim," kata Ketua PWI Kotim Andri Rizky Agustian. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru