Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur : Amalkan Ajaran Agama harus Seiring dengan Ideologi Bangsa

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 30 Maret 2017 - 19:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Mengamalkan ajaran agama harus berjalan seiring dengan ideologi bangsa . Sebab pengamalannya berada dalam negara kesatuan yang di dalamnya beragam atau heterogen baik dari sisi agama, suku, dan ras. Ini menjadi penekanan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran saat kegiatan dialog pencegahan terorisme di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (30/3/2017).

Kegiatan yang digagas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum kordinasi pencegahan terorisme (FKPT) Kalteng itu menghadirkan ratusan mahasiswa yang aktif di lembaga dakwah kampus (LDK), dosen pengampu mata kuliah kewarganegaraan dan dosen agama.

'Karena bangsa ini dibangun atas nilai-nilai religius dan budaya. Namun seringkali muncul pertentangan antar kelompok warga baik dari kalangan intern maupun antar agama sehingga membuat suasana tidak nyaman dan tenteram di masyarakat,' terang Gubernur disampaikan Kepala Biro Administrasi Kesejahtreraan Rakyat dan Kemasyarakatan, Syahruddin.

Menurutnya, telah terjadi perubahan di Kampus Keagamaan. Yaitu telah telah terjadi metamorfosa gerakan radikal di kalangan kampus terutama mahasiswa salah satunya dengan masuk di organsasi-organisasi dakwah. Karena itu dipandang perlu dilakukan cara untuk mempersempit ruang gerak radikalisme.

'Terjadi perubahan di Kampus Keagamaan yang awalnya dikenal moderat kini banyak yang radikal sehingga perlu melibatkan LDK untuk hambat laju radikalisme tersebut,'

'Saya mendukung keterlibatan semua pihak untuk melawan faham radikalisme yang berpotensi menghancurkan tatanan bangsa ini. Pemprov sudah mendukung melalui visi misi BERKAH. Mari bersama-sama ciptakan kedamaian,' ajak Gubernur. (ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru