Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar Fokus Budidaya Udang Vannamei dengan Busmetik

  • Oleh Cecep Herdi
  • 31 Maret 2017 - 14:44 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun ini akan fokus membudidayakan udang Vannamei atau dikenal masyarakat sebagai udah putih.

Budidaya udang putih dilakukan dengan menggunakan metode busmetik atau menggunakan empang kecil dari plastik yang lebih murah, dan fesien, karena tidak tergantung dengan alam.

"Budidaya udang vannamei dengan menggunakan teknologi busmetik, akan lebih efesien dalam pemberian pakannya. Selain itu masa panennya akan lebih singkat, yaitu tiga siklus per tahun dengan hasil yang lebih banyak dan berkualitas.," kata Kepala Dinas Perikanan, Rusliansyah.

Ia menjelaskan, teknologinya menggunakan kincir air sehingga ada arus dan tidak tergantung dengan alam. "Tambak itu akan menggunakan terpal khusus, sebagai median dinding dan lantai untuk menampung air tambak," ujarnya.

Ia menambahkan, udang Vannamei ini menggunakan air payau, dengan kepadatan puluhan ribu ekor dan akan menjadi percontohan bagi masyarakat. "Tambak busmetik akan dibangun di Desa Sungai Bakau dan Desa Sungai Ratik. Tiap Desa nantinya akan dianggarkan sebesar Rp550 juta per satu hektare bersumber dari dana alokasi khusus (DAK)," terangnya.

Dengan DAK terbatas tersebut tambahnya, maka akan dilanjutkan secara bertahap dan akan menjadi percontohan masyarakat untuk beralih menjadi petani udang vannamei. "Kalau untuk pemasaran tidak masalah, di Surabaya sudah siap menampung. Di Kalteng kita yang pertama untuk menerapkan metode ini," tutupnya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru