Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bappenas Minta Ekonomi Kalteng Tumbuh Minimal 6,82 Persen

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 07 April 2017 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang P.S Brodjonegoro meminta agar perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah bisa tumbuh minimal 6,82 persen di 2018.

Sementara secara Pulau Kalimantan diharapkan dapat tumbuh 3,59 persen dalam rangka menunjang angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Penekanan Bambang ini disampaikan saat membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (5/4/2017) di aula Jayang Tingang. Kedatangan Bambang, yang bekas menteri keuangan itu, bersama Menteri Kesehatan, Nila Faried Moeloek.

Optimistis Bambang didasarkan atas proyeksinya terhadap pertumbuhan ekonomi Kalteng yang masih bisa digenjot karena potensi ke arah itu di mata Bambang adalah sangat besar dan sangat mungkin sekali.

'Pertumbuhan ekonomi di Kalteng diharapkan dapat tumbuh sebesar 6,82 - 7,18 persen dengan tingkat kemiskinan 5,14 persen dan tingkat pengangguran 2,30 persen,' katanya.

'Sebagaimana arahan bapak presiden dimana pertumbuhan ekonomi di 2018 diharapkan tumbuh 5,4-6,1 persen, hal ini tentu menjadi perhatian kita bersama untuk mencari sumber-sumber pendongkrak pertumbuhan ekonomi tersebut,' lanjutnya.

Bambang membeberkan ada enam sektor utama yang memiliki sumbangan terbesar terhadap pertumbuhan, yaitu Industri pengolahan terutama non-migas, pertanian, perdagangan, informasi dan komunikasi, konstruksi, serta jasa keuangan.

Namun untuk menindaklanjuti arahan bapak presiden tersebut, maka di 2018 pembangunan difokuskan pada tiga sektor prioritas yang akan ditingkatkan peranannya terhadap pertumbuhan dan penciptaan lapangan pekerjaan yaitu industri pengolahan, pertanian, dan pariwisata. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru