Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Rangkaian Kegiatan Festival Budaya Isen Mulang 2017

  • Oleh Noor Annisa
  • 07 April 2017 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan menjadi tuan rumah Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2017 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2017. Sejumlah rangkaian acara sudah disiapkan pada agenda tahunan tersebut.

Acara itu sendiri merupakan bagian rangkaian memperingati hari jadi Provinsi Kalteng ke-60 yang akan dimulai pada 19 Mei 2017 ,

Sementara itu khusus mengenai kesiapan rangkaian kegiatan FBIM, menurut Bupati Kotim Supian Hadi semua sudah berjalan sesuai tahapannya.

"Kotim siap menjadi tuan rumah Festival Budaya Isen mulang, fasilitas pendukung lomba kita sudah mencukupi," kata Bupati Kotim, Supian Hadi, Jumat (7/4/2017).

Untuk tempat, sejauh ini pihak Pemerintah Provinsi juga sudah berkunjung dan menentukan sejumlah lokasi kegiatan.

Kegiatan lomba dalam rangkaian festival budaya tersebut akan dipusatkan di Taman kota Sampit, namun untuk beberapa lomba yang tidak memungkinkan dilakukan di Taman Kota maka dipilihkan tempat tertentu.

Beberapa lomba di tempat kan terpisah yakni lomba dayung, besei kambe, jukung tradisional, dan jukung hias akan dilaksanakan di Sungai Mentaya, Pelabuhan Jelawat dan Habaring Hurung. Lomba sepak sawut di Stadion 29 November dan masakan tradisional di Borneo City Mall Sampit.

Adapun kegiatan diawali dengan lomba karnaval budaya, dilanjutkan dengan lomba lainnya yakni, lawang sakepeng, maneweng, manetek dan menyila kayu, manyipet, panginan tradisional, photografi, jukung tradisional, besei kambe, jukung hias, tari daerah, balugu, hambayang, lagu daerah, karungut, malamang, mangenta, mangaruhi, sepak sawut dan putra putri pariwisata.

Pembukaan dan karnaval budaya akan dilaksanakan pada 19 Mei 2017, acara berlangsung hingga 22 Mei 2017 diikuti dengan seluruh kegiatan lomba dengan tempat yang sudah ditentukan. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru