Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Katingan Hilir Sarankan Penambang Emas Ilegal untuk Bertani

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 April 2017 - 00:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Camat Katingan Hilir Ardiansyah menyarankan kepada penambang emas ilegal terutama di daerahnya agar beralih profesi menjadi petani sayur atau beternak serta memelihara ikan. Apalagi, lahan di wilayahnya sejauh ini banyak sekali yang tidak digarap alias lahan tidur.

"Sebenarnya banyak sekali lapangan pekerjaan yang tidak menyentuh ke permasalahan hukum, seperti bertani menanam cabai atau sayur-mayur maupun beternak serta memelihara ikan keramba," kata Camat Katingan Hilir, Ardiansyah, Rabu (12/4/2017).

Menurutnya, jika ditekuni bekerja apa saja yang tidak bertentangan dengan masalah hukum, itu bisa menghasilkan rupiah.

"Tapi mungkin para penambang ini maunya dapat uang secara instan. Sebab hari ini kerja, hari itu juga dapat uang. Tapi kalau menanam cabai atau memelihara ikan harus menunggu lama," katanya.

Dengan beralih menjadi petani atau peternak, sebenarnya juga dapat memelihara alam di wilayahnya tidak rusak karena ditambang.

 Ardiansyah juga mengatakan bahwa razia PETI (pertambangan tanpa izin) yang digelar Polres Katingan sejak beberapa hari ini, juga mengamankan penambang ilegal di wilayah Kecamatan Katingan Hilir tepatnya di Desa Tewang Kedamba.(ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru