Jalan UPT Hiyang Bana Baru Setahun Diaspal Sudah Rusak

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 April 2017 - 17:44 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jalan Kereng Pangi-Baun Bango tepatnya sekitar Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Hiyang Bana, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan ini baru sekitar setahun diaspal namun sudah rusak parah.

Sejumlah warga UPT Hiyang Bana dan Desa Talingke yang ditemui menuding jika kerusakan jalan ini akibat adanya aktivitas kendaraan jenis truk dan alat berat yang sering melintasi ruas ini.

Bahkan aktivitas kendaraan bertonase besar di perusahaan perkebunan kelapa sawi PT Arjuna di wilayah Kecamatan Kamipang diduga turut ambil bagian rusaknya jalan ini.

"Pengaspalan jalan itu sekitar setahun yang lalu. Tapi aspalnya sebagian sudah mengelupas dan sebagian lainnya sudah hancur," kata Hendri warga UPT Hiyang Bana, Sabtu (15/4/2017).

Menurutnya, untuk jalan dari ruas yang rusak sekitar satu kilo arah Baun Bango, dilakukan pengaspalan pada akhir 2016 dan kondisi aspalnya sampai sekarang masih mulus.

"Yang di sekitar UPT Hiyang Bana sekitar dua kilo meter itu yang banyak itik kerusakannya, yang lainnya arah Kerang Pangi dan arah Baun Bango itu baik saja," katanya.

Hendri meminta kepada pemerintah daerah untuk segera menangani ruas jalan yang rusak itu. Pasalnya jika dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan titik kerusakannya akan semakin bertambah banyak.(ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru