Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow Ternyata...SDN 1 Melayu Sekolah Peninggalan Belanda

  • Oleh Ramadani
  • 20 April 2017 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' SDN 1 Melayu merupakan salah satu sekolah tertua yang ada di Kabupaten Barito Utara, dimana sekolah tersebut sudah berusia 100 tahun lebih. Sekolah ini dibangun pada masa pendudukan penjajah Belanda.

Kepala SDN 1 Melayu, Rusmini Wani Kudmada mengatakan, bahwa SDN 1 Melayu ini merupakan sekolah pertama yang didirikan di Kabupaten Barito Utara dan merupakan sekolah peninggalan pada zaman Belanda. Hhingga saat ini sekolah ini masih memiliki bukti struktur bangunan yang masih berdiri kokoh yakni pondasi sekolah yang terbuat dari beton serta tiang pondasi lantai yang terbuat dari ulin dengan ukuran besar," kata Rusmini saat ditemui Borneonews  di sekolahnya, Kamis (20/4/2017).

Selain itu, lanjut dia, masih ada lagi peninggalan Belanda, yakni tepatnya di halaman sekolah masih tersisa puing kamar kecil yang dulu digunakan oleh murid pada zaman dahulu. 'Sekolah ini, angkatan pertamanya pada tahun 1900, dengan nama Sekolah Rakyat (SR), karena bapak saya dahulu merupakan murid angkatan pertama di sekolah ini' jelas Rusmini.

Seiring perkembangan, sekolah rakyat berubah nama menjadi sekolah dasar putra dan sekolah dasar putri. 'Setelah itu juga, sekolah ini bernama SDN Melayu 1 dan berganti lagi menjadi SDN 1 Melayu hingga saat ini' terangnya.(RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru