Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bersepeda Keliling Indonesia, Pemuda Lulusan S2 Ini Mampir di Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 27 April 2017 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Luthfi Maiza Kusuma, mengelilingi Indonesia hanya dengan menggunakan sepeda. Kamis (27/4/2017), pemuda kelahiran Sungai Duri, Kalimantan Barat, 28 Juni 1992, itu mampir di Kota Pulang Pisau.

Pemuda yang telah menyelesaikan pendidikan S1 di jurusan pendidikan matematika IKIP Budi Utomo, Malang, dan S2 di jurusan pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Malang pada 11 Januari 2014, itu mengaku memutuskan melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia dan Asia menggunakan sepeda dengan mengusung misi budaya lisan nusantara.

Luthfi mengatakan, tujuan perjalanan panjangnya ialah mendokumentasikan bagian dari kebudayaan yang disebarkan atau diwariskan secara tradisional, baik dalam bentuk lisan maupun isyarat atau alat bantu pengingat langsung, seperti tokoh masyarakat atau penduduk asli dari daerah yang disambangi.

Luthfi melanjutkan, dorongan utamanya melakukan semua itu ialah lantaran saat ini budaya mendongeng sudah sangat minim. Sehingga banyak generasi muda tidak mengetahui cerita di daerah mereka sendiri. Karena itu, melalui perjalanan ini, Luthfi berharap bisa bertemu langsung dengan pemuda dari daerah lain agar bersama sama menjaga dan melestarikan atau minimal mengetahui cerita maupun warisan budaya di daerahnya sendiri.

Di Pulang Pisau, Luthfi singgah di kantor Sekretariat Daerah dan diterima Kabag Umum Daryatno. Luthfi mengatakan, perjalanannya masih membutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun lagi dan diakhir perjalanannya nanti, akan membuat kompilasi perjalan dari awal sampai akhir yang akan di share di Youtube.

"Untuk sementara, jika ingin melihat gambaran pengalaman saya bisa diakses via media sosial Facebook dengan akun Luthfi Maiza Kusuma dan Instagram dengan akun penggowes atau luthfimaiza," ujarnya.

Luthfi mengaku, sejauh ini sudah menyambangi Pulau Sulawesi, NTT, NTB, Bali, Papua, Kalimantan, dan Bali.(JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru