Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

1.500 Buruh akan Menggelar Aksi Damai May Day di DPRD Kobar

  • Oleh Cecep Herdi
  • 29 April 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Para buruh yang tergabung dari berbagai elemen akan berkumpul di depan gedung DPRD peringatan Hari Buruh atau May Day, Senin, 1 Mei 2017. Diperkirakan akan ada sekitar 1.500 buruh yang menggelar aksi damai di kantor perwakilan rakyat tersebut.

'Diperkirakan sekitar 1500 buruh dari berbagai elemen perusahaan di Kabupaten Kobar akan mengikuti kegiatan tersebut," ungkap Ketua DPC KSPSI Kobar, Kosim Hidayat, di Pangkalan Bun, Sabtu (29/4/2017).

Menurut Kosim,aksi damai Hari Buruh itu akan didahului dengan long march dari kantor DPC KSPSI Kobar di Jalan Malijo menuju ke Kantor DPRD Kobar yang berada di Jalan HM Rafii.

'Massa buruh akan menyuarakan aspirasinya, beberapa poin penting terkait permasalahan yang dialami para pekerja, agar mendapatkan perhatian serius dari pemerintah dan juga para pemangku kepentingan dalam bidang ketenagakerjaan," ujar Kosim.

Menurutnya, ada sekitar 13 tuntutan yang akan mereka suarakan, "Tenaga tidak tetap atau outsourching menjadi tenaga tetap perusahaan. Kemudian kepesertaan BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan dari perusahaan. Tuntutan pemberian THR bagi seluruh pekerja sesuai dengan Kepmen Nomor 6 tahun 2016,' papar Kosim.

Ia menambahkan, yang menjadi tekanan bagi para buruh di Kobar saat ini yakni penurunan status pekerja tetap menjadi pekerja borongan. Selain itu mutasi para pekerja yang usianya menjelang pensiun.

'Pekerja tetap diturunkan jadi pekerja borongan harian sehingga menyengsarakan buruh, dan kebijakan mutasi pekerja menjelang mereka pensiun. Jika buruh ini menolak, mereka dianggap melanggar aturan. Sehingga akhirnya pekerja tertekan dan terpaksa mengundurkan diri," pungkasnya. (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru