Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di Kantor Bupati Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Mei 2017 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sekitar 100 buruh dari perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Katingan menggelar aksi damai di halaman Kantor Bupati Katingan bertepatan dengan Hari Buruh Internasional , Senin (1/5/2017). Aksi damai ini dipelopori oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Katingan.

Ratusan buruh itu datang dari Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah menuju Kasongan menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Dalam orasinya, para buruh ini meneriakkan yel-yel dan membentangkan kertas karton berbagai tulisan berisi kecaman terhadap perusahaan yang dinilai tidak adil.

Misalnya ada kertas karton bertuliskan, 'biaya melahirkan istri saya dipotong dari gaji', juga ada tulisan '2.000 lebih karyawan belum mendapatkan sarana air bersih seperti yang dijanjikan'.

Kemudian ada tulisan 'wujudkan kesejahteraan buruh', 'Kami menuntut sarana air bersih dan toilet harus ada', 'Mata saya buta akibat kerja sampai sekarang belum ada tanggungjawab dari perusahaan, aku kudu piye', dan 'berikan hak usia pensiun'.

Aksi damai itu juga mendapatkan pengamanan dari puluhan anggota Polres Katingan. Dalam orasinya di halaman Kantor Bupati Katingan, Ketua KSPSI Katingan Adiansyah sekaligus penanggungjawab aksi, mengatakan aksi damai ini sengaja digelar pada saat bersamaan dengan peringatan Hari Buruh Internasional.

"Hari ini adalah yang paling tepat bagi saudara-saudara kami para buruh terutama di perkebunan kelapa sawit PT KDP untuk menyampaikan aspirasinya," katanya.

Dalam aksi ini Bupati Ahmad Yantenglie didampingi Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhutyas Nugraha menemui para buruh. Kemudian, 10 perwakilan para buruh ini melakukan pertemuan dengan Bupati Katingan dan pihak terkait. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru