Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSPO Gelar Diskusi Tentang Sertifikasi Sawit

  • Oleh Roni Sahala
  • 03 Mei 2017 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) menggelar diskusi di Swissbell Hotel Palangka Raya, Rabu (3/5/2017) pagi hingga petang.

Dalam diskusi itu dibahas mendalam mengenai sertifikasi sawit. Hadir sebagai narasumber Direktur RSPO Indonesia Tiur Rumondang dan Direktur Strategi Proyek RSPO Yohanes Ryan. Kemudian Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Kalteng Evangelis.

Juga ikut dalam diskusi tersebut dari Badan Pertanahan Nasional Kalimantan Tengah, Yansah dan Narno, perwakilan petani sawit individu dari Riau. Sementara yang menjadi peserta ialah perwakilan perusahaan perkebunan sawit, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan kelompok tani sawit.

Tiur menyampaikan, diskusi tersebut untuk memperkuat keberlanjutan rantai pasok sawit di Indonesia. Mengingat Indonesia adalah negara produsen sekaligus konsumen sawit terbesar di dunia. "Untuk mengupayakan langkah-langkah yang dapat meningkatkan penyerapan kelapa sawit berkelanjutan di pasar domestik yang notabene saat ini masih tergolong rendah."

Menurut Tiur Rumondang, upaya itu dapat diwujudkan melalui keikutsertaan semua pihak termasuk petani, pemerintah, sektor swasta, LSM, asosiasi kelapa sawit, media dan lainnya. Hal tersebut juga akan berkontribusi terhadap tercapai kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas. (RONI SAHALA/N).

Berita Terbaru