Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Miliki 10 Puskesmas, Namun Hanya Miliki 4 Apoteker

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Mei 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Palangka Raya merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah. Sayangnya, ternyata kota ini tidak lepas dari kondisi miris dunia kesehatan.

Menurut Kepala Bidang Jaminan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Agustinawati, di daerah berjuluk "Kota Cabtik" ini hanya ada 4 apoteker padahal ada 10 puskesmas di Kota Palangka Raya.

"Jadi untuk mengatasinya setiap apoteker kita tugaskan pada 2-3 puskesmas yang telah ditetapkan sebelumnya. Keempat apoteker ini harus bekerja berpindah-pindah puskesmas, sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap maksimal," tutur Agus kepada Borneonews.co.id, Sabtu (6/5/2017).

Dikataka, keberadaan apoteker, selain memberikan pelayanan, juga berfungsi sebagai salah satu pihak dari puskesmas yang terkait dengan pengajuan jumlah obat kepada pemerintah kota.

Terbatasnya tenaga apoteker disejumlah puskesmas, menurut Agus karena hingga saat ini tidak adanya formasi penerimaan pegawai negeri sipil. Idealnya, setiap puskesmas harus memiliki satu apoteker dan asisten apoteker.

"Setiap pengajuan pengadaan obat juga harus sepengetahuan apoteker puskesmas. Makanya kita tempatkan masiang-masing pada dua sampai tiga puskesmas. Tapi bisa kita pastikan meski dengan keterbatasan tersebut, pelayanan di puskesmas tetap berjalan lancar," tambahnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru