Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Gubernur Sugianto Sabran Masuk Kandang Banteng Lagi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 09 Mei 2017 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Setelah memutuskan keluar dari PDIP sekitar setahun yang lalu, kini Sugianto Sabran kembali masuk 'kandang banteng' lagi. Ternyata ada alasan khusus yang mendorong Sugianto Sabran yang kini sudah menjadi Gubernur Kalteng memilih kembali kecinta lamanya.

Salah satu alasan khusus tersebut ialah penyelamatan anggaran dari pemerintah pusat untuk Provinsi Kalimantan Tengah.

Berkaca dari pengalaman gubernur sebelumnya yang dijabat Agustin Teras Narang selama dua periode (10 tahun), Pemprov Kalteng sering kesulitan 'menyedot' anggaran dari pemerintah pusat. Hal itu lantaran beda kuasa politik antara kepala daerah dan kepala negara.

Saat Teras Narang menjabat gubernur, PDIP yang menjadi partai pengusungnya, pada tataran pusat menyatakan diri sebagai oposisi terhadap kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (dari Partai Demokrat). Akibatnya, Teras Narang kesulitan mengakses anggaran dari pusat.

Tidak ingin kondisi serupa kembali dialami Kalteng, Sugianto membuat pilihan untuk bergabung kembali dengan partai yang menjadi perahu Presiden Joko Widodo.

'Ini agar linier dan pilihan strategis untuk kepentingan Kalteng. Kalau pemerintahan yang kita jalankan sekarang linier dengan presiden, akan memudahkan koordinasi dan perhatian anggaran pusat ke Kalteng,' kata Sugianto, Selasa (9/5/2017).

Hal ini, lanjutnya, juga untuk menjadi catatan bahwa tujuan gubernur adalah supaya visi dan misi menyejahterakan Kalteng berjalan dengan baik dan lebih cepat tercapai.

'Tentu mengenai anggaran dan semuanya. Kita bayangkan ketika zaman Teras Narang menjabat, ketika PDIP tidak berkuasa waktu itu. Betapa sulitnya membangun Kalteng dengan mendapatkan anggaran yang memadai. Sekarang kan berbeda zamannya, PDIP berkuasa. Harapan gubernur ya agar pembangunan bisa berjalan dengan baik, agar pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi secara luas bisa terakses dengan baik,' ungkap Sugianto Sabran. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru