IPSI: Kemampuan Pesilat Sudah Merata di Perguruan Tinggi

  • Oleh Nazir Amin
  • 14 Mei 2017 - 00:10 WIB

BORNEONEWS, Kudus Kemampuan para pesilat cukup bagus, dan merata. Kualitas mereka tidak lagi didominasi oleh perguruan tinggi yang memiliki Program Studi (Prodi) Olahraga. Itu yang terlihat dalam kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Rayon I, yang diikuti hampir 200 pesilat dari 30 perguruan tinggi, di Auditorium Kampus Universitas Muria Kudus (UMK), 12-14 Mei 2017.

Kemampuan para pesilat rata-rata sudah mumpuni. Tidak hanya pesilat dari kampus yang memiliki Prodi Olahraga, tetapi hampir semua kampus sudah melakukan pembinaan pencak silat secara baik kepada mahasiswanya, ujar Tri Martono, ketua Lembaga Wasit dan Juri dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Tengah, Sabtu (13/5/2017).

Menurut Tri Martono, pembinaan pencak silat itu, biasanya dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Bahkan ada perguruan tinggi yang memiliki UKM Pencak Selat, sehingga ada berbagai perguruan yang berhimpun di sana.

Rektor UMK, Suparnyo saat membuka POM secara resmi, mengutarakan, kompetisi seperti POM sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dalam meningkatkan soft skills. "Saya berharap, dari POM Rayon I yang diselenggarakan di UMK ini, nantinya muncul pesilat yang akan mewakili Jawa Tengah, dan bisa berprestasi di POM tingkat nasional."

Panitia melaporkan, sebanyak 196 pesilat ambil bagian dalam POM Rayon I ini, terdiri atas 136 pesilat putra dan 60 putri. Mereka dari UMK, AIS Muhammadiyah Semarang, Akpelni Semarang, Akper Krida Husada Kudus, IAIN Salatiga, Politeknik Negeri Semarang, STAIN Kudus, STIE YPPI Rembang, dan Stiepari Semarang.

Juga ada atlet dari STIKES Cendekia Utama Kudus, STIKES Widya Husada Semarang, STIMART AMNI Semarang, STIP Farming Semarang, Udinus Semarang, UIN Walisongo Semarang, UKSW Salatiga, Undaris Semarang, STIE Totalwin Semarang, serta Undip Semarang.

"Lainnya ada Unimus Semarang, Unissula Semarang, Unisnu Jepara, Unnes Semarang, Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Universitas Pandanaran Semarang, Universitas PGRI Semarang, Universitas Semarang, Untag Semarang, dan Unwahas Semarang," ujar ketua panitia penyelenggara, Hendy Hendro. (ROSIDI/HUMAS UMK/*/N).

Berita Terbaru