Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luapan Air Sungai Katingan Mengancam Wilayah Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Mei 2017 - 09:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Luapan air Sungai Katingan yang sejak dua hari terakhr menggenangi permukiman di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, kini banjir kiriman itu mulai merambah wilayah Kasongan dan sekitarnya. Luapan air Sungai juga mengancam daerah-daerah hilir lainnya, seperti Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

"Soalnya air dari wilayah hulu itu ke hilir, dan sekarang dampaknya daerah-daerah hilir dari Tumbang Samba, seperti Telok, Tumbang Lahang, Buntut Bali, Pendahara dan Kasongan kena imbas luapan air Sungai Katingan itu," sebut Rahman, warga Kasongan, Jumat (19/5/2017).

Dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id bahwa luapan air Sungai kini juga mengancam daerah-daerah hilir lainnya, seperti Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

Sementara menurut pantauan di sekitar Jembatann Kasongan, air Sungai Katingan itu mulai meluap ke permukaan. Bahkan sejumlah pekarangan rumah penduduk sudah tergenang air.

Warga mengaku jika beberapa hari kedepan curah hujan terutama di bagian hulu masih tinggi, diprediksi banjir skala besar bakal terjadi di Kasongan dan sekitarnya. "Sebab sekarang air sudah meluap, apalagi kalau beberapa hari ke depan hujan deras masih saja terjadi, bukan menutup kemungkinan wilayah Kasongan ini kebanjiran," kata Imi, warga Kasongan lainnya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru