Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bulan Ramadan Saatnya Tingkatkan Toleransi Antarumat Beragama

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Mei 2017 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan rukun Islam yang keempat yakni puasa di bulan Ramadan.

Selama menjalankan ibadah puasa, umat muslim tidak hanya dituntut menahan haus dan lapar, tetapi juga diwajibkan menahan emosi.

Karena itu, menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya Baihaqi, sangat tepat jika dirinya mengimbau masyarakat meningkatkan toleransi antarumat beragama di bulan yang suci ini. Bukan hanya toleransi kepada umat Islam yang berpuasa, tetapi juga kepada umat lainnya.

"Bulan suci Ramadan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan toleransi antarumat beragama di Kota Palangka Raya," ungkap Baihaqi, Selasa (23/5/2017).

Ia turut pula meminta masyarakat mampu membentengi diri dari upaya pihak tidak bertanggung jawab yang menyebar berbagai isu miring untuk keuntungan pribadi dan kelompok.

Menurutnya, isu pemecah belah itu semakin santer menyebar. Mengatasnamakan kelompok tertentu mengajak orang lain untuk tidak bertoleransi.

"Mari bersama-sama menjaga stabilitas kebersamaan antarumat beragama di Palangka Raya. Mari kita terus jaga dan junjung tinggi falsafah Huma Betang agar julukan Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila di Kalimantan Tengah tetap terpelihara," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru