Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadin Akan Cari Solusi Atasi Anjloknya Harga Rotan dan Karet

  • Oleh Naco
  • 24 Mei 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anjolknya harga rotan dan karet menjadi salah satu pembahasan saat pertemuan pengurus Kamar Dagang Industri (Kadin) dengan sejumlah wartawan dan pengurus PWI Kabupaten Kotim, Rabu (24/5/2017). Bahkan,  Kadin mengaku masalah itu sudah masuk dalam program mereka agar ada solusi untuk mengatasi keresahan petani rotan dan karet.

"Memang masalah rotan dan karet jadi problematika, untuk rotan dan karet saya punya program karena anjolknya harga komoditas itu ada permainan di industri, potensi rotan dan karet ditempat kita ini sangat luar biasa," kata Ketua Kadin Kotim Susilo.

Dari itu menurut Susilo, Kadin punya komitmen dan sanggup jadi wadah untuk petani ekonomi kratif melalui komoditas tersebut, sehingga kedepan komoditas itu harganya berpihak kepada petani.

"Nanti kita coba fasilitasi petani rotan dan karet agar harga yang dijual standar, karet dan rotan ini harganya anjlok karena banyak permainan," ujarnya.

Seperti pabrik karet di Katingan menurut Susilo ada, tapi kenapa mereka beli karet di Banjarmasin dan tidak dibeli di Kotim, itu terjadi seperti itu karena adanya permainan tesebut.

"Makanya nanti bagaimana rotan itu bisa dikelola untuk mendukung ekonomi kreatif, serta karet agar nilainya besar bisa kita kelola menjadi bahan setengh jadi," pungkas Susilo. (NACO/B-5)

Berita Terbaru