Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Biarkan Nyamuk Bersarang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Mei 2017 - 22:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Drg Andjar Hari Purnomo, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, meminta agar masyarakat tidak membiarkan nyamuk memiliki tempat untuk bersarang. Hal ini lantaran meski kelihatannya data kasus DBD bulan Mei ini turun dibandingkan April2017, namun angkanya tetap lebih besar jika dibandingkan Januari dan Februari.

Menurut Andjar, untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk, perlu pengurasan tempat air setiap tiga hari sekali.

"Selain itu, wadah air juga harus ditutup rapat agar tidak di jadikan tempat berkembang biak nyamuk," ungkap Andjar, Selasa (30/5/2017).

Selain itu, untuk  barang yang memiliki potensi menjadi genangan air, dirinya meminta jika tidak bisa didaur ulang akan lebih baik jika dikubur saja. Menjaga agar tidak dimanfaatkan nyamuk sebagai media bertelur.

"Untuk yang menggunakan ban bekas sebagai hiasan taman. Diusahakan untuk mengisi rongga ban dengan tanah. Karena jentik nyamuk tetap bisa bertahan walaupun tanpa air selama dua tahun, dan hidup kembali setelah mendapat air," tambahnya.

Dia mengingatkan agar masyarakat untuk tidak menganggap enteng DBD. Jika sampai mengidap demam selama tiga hari tanpa ada penurunan suhu. Harus segera dibawa ke rumah sakit ataupun puskesmas terdekat. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru