Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Kecamatan di Katingan masih Terendam Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Juni 2017 - 06:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan -  Musibah banjir yang melanda Kabupaten Katingan, Kalimatan Tengah, belum sepenuhnya surut. Sampai kemarin, genangan air masih terjadi di beberapa tempat pada dua wilayah kecamatan, yaitu di Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

"Sebagian besar wilayah di dua kecamatan itu, terendam air bah. Kemarin kami baru saja datang memantau banjir di wilayah Kecamatan Kamipang dan Kecamatan Tasik Payawan. Kondisinya memang sebagian besar wilayah tersebut masih terendam banjir," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Icing, Rabu (31/5/2017).

Sedangkan di wilayah kecamatan lainnya, kata Icing, air sudah menyurut kembali, seperti di Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, dan Kecamatan Katingan Tengah.

"Sampai saat ini curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan masih tinggi, sehingga masih dimungkinkan banjir akibat luapan air Sungai Katingan itu bisa saja kembali terjadi di sejumlah kecamatan" imbuh Icing.

Camat Tasik Payawan Pimanto mengakui wilayahnya sampai saat ini masih kebanjiran. "Luapan air Sungai Katingan masih terus naik."

Sementara itu, Camat Katingan Hilir, Ardiansyah menyebut banjir yang menggenangi puluhan rumah dan juga sejumlah jalan penghubung ini, kiriman dari wilayah hulu Katingan. "Banjir di daerah kita ini, adalah banjir kiriman dari daerah hulu Kabupaten Katingan," kata Camat Katingan Hilir, Ardiansyah kepada Borneonews, Kamis (25/5/2017).

Ardiansyah menceritakan, beberapa hari lalu banjir terjadi di Tumbang Samba dan sekitarnya akibat luapan Sungai Katingan. Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Katingan Hilir, juga diyakini akibat luapan Sungai Katingan. "Sungai Katingan ini membentang mulai dari wilayah hulu Kabupaten Katingan sampai ke hilir dan bermuara di Laut Jawa, dan wilayah Katingan Hilir ini berada di tengah-tengahnya." (ABDUL GOFUR/N).


TAGS:

Berita Terbaru