Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sopir Harus Bebas Narkoba Saat Membawa Kendaraan

  • Oleh Naco
  • 04 Juni 2017 - 13:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Hary Rahmad Panca Setia meminta agar para sopir yang membawa kendaraan penumpang harus sehat dan bebas narkoba.

"Kita minta dinas terkait untuk memastikan kesehatan sopir, jangan sampai membawa kendaraan dibawah pengaruh alkohol maupun narkoba," kata Hary, Minggu (4/6/2017).

Sopir menurut Hary harus bebas narkoba dan dalam keadaan sadar. Karena itu merupakan faktor utama untuk menghindari kecelakaan, mengingat selama ramadan atau bahkan jelang lebaran arus kendaraan akan meningkat.

"Sopir juga kalau lelah lebih baik bawa istirahat jangan memaksakan diri untuk membawa kendaraan," katanya.

Termasuk agen travel harus mengutamakan kesehatan sopir, jangan sampai ingin mengejar target tanpa memperhatikan faktor kesehatan sopir. "Harus ada sopir cadangan, jangan karena ingin mengejar penumpang faktor kesehatan diabaikan," ucapnya.

Hary juga meminta agar dinas perhubungan dan kepolisian mengecek kelengkapan surat menyurat sopir dalam berkendara, misalnya SIM.

"Karena berpengalaman seperti sebelumnya banyak sopir tembakan, ini yang sering terjadi selama arus mudik lebaran," tegasnya. (NACO/ B-6)

Berita Terbaru