Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Desa Henda Hasilkan 294 Ton Semangka per Tahun

  • Oleh James Donny
  • 07 Juni 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Petani Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya gemar membudidayakan tanaman semangka. Hasil pertanian mereka cukup bagus. Bahkan setiap tahunnya, para petani bisa panen hingga 294 ton semangka.

Demikian disampaikan Kepala Desa Henda, Teguh kepada Borneonews, Rabu (7/6/2017). "Tiap tahun petani bisa panen hingga 294 ton dengan luas tanam 10 hektare lebih," katanya.

Terkait dengan hal tersebut, ia berharap agar para petani di desanya mendapat perhatian pemerintah daerah dengan berbagai bantuan. Sehingga dalam menjalankan budidaya semangka ini akan membuat petani lebih bergairah.

Ia juga berharap agar akses jalan ke lokasi perkebunan semangka dapat dibenahi. Sementara untuk pupuk dan bibit bisa dipenuhi para petani dengan menggunakan bibit jenis semangka Amara. "Dalam waktu 70 hari sudah bisa panen, namun dalam setahun hanya sekali panen," katanya.

Menurut Teguh, jumlah petani semangka yang ada di Desa Henda mengalami penyusutan dari 45 petani saat ini separuh dari petani telah gulung tikar karena keterbatasan modal. "Walaupun panen dilaksanakan sementara ini satu tahun hanya sekali, tapi bila bisa serentak hasilnya lumayan banyak," katanya.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo berharap agar petani dapat mempertahankan dan meningkatkan usahanya tersebut. Sehingga, ke depan semangka bisa jadi ciri khas serta bisa membawa nama desa Henda dan Kabupaten Pulang Pisau.

"Saya menugaskan Kepala Dinas Pertanian agar bisa memberikan apa yg dibutuhkan para petani agar usaha yang mereka lakukan juga bisa berkembang, baik melalui sosialisasi, penyuluhan, bantuan alat maupun pupuk dan bibit," harapnya

Bupati juga berharap agar pemasaran semangka ini bisa lebih luas sampai keluar Pulang Pisau bahkan luar pulau. "Ke depan juga diharapkan akan ada sentra khusus jual semangka," katanya. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru