Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Limbah Perusahaan Meluap, Cemarkan Sungai Warga

  • Oleh Naco
  • 20 Juni 2017 - 08:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Limbah perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur meluap, akibatnya sungai warga sekitar tercemar.

Kordinator Forum Bersama (Forbes) LSM di Kotim Audy Valent mendesak agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur segera turun ke lapngan mengusut masalah tersebut secara transparan.

"Karena ini perbuatan yang tidak bisa ditolerir, sungai masyarakat Desa Rubung, Kecamatan Cempaga tercemar, akibatnya warga di rugikan, bahkan hasil cek kami di lapangan banyak ikan bahkan ular mati akibat pencemaran itu," kata Audy, Selasa (20/6/2017).

Aktivis di Kabupaten Kotim ini ini berharap masalah ini diusut secara tuntas dan tidak ada pembelaan terhadap pelaku pengrusakan alam.

"Kami juga meminta agar DPRD Kotim turun langsung ke lapangan dengar langsung keluhan masyarakat," kata Audy.

Sebab jika dibiarkan dikhawatirkan akan lebih parah lagi nantinya dan limbah tersebut akan merusak ekosistem di wilayah sekitar. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan berimbas pada sungai induk di Mentaya.

Menurut Audy kuat dugaan limbah itu berasal dari PT Sinar Citra Cemerlang (SCC) yang beroperasi di daerah tersebut, namun menurutnya sejauh ini hal tersebut dibantah oleh pihak perusahaan.  

"Mereka berkelit dan mau dibuktikan melalui uji laboraturium, maka dari itu dinas terkait segera turun," pungkas Audy. (NACO/m)

Berita Terbaru