Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator ini Dorong Peningkatan SDM Perangkat Desa

  • Oleh Naco
  • 21 Juni 2017 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotim, William Novetra meminta pemerintah desa untuk meningkatkan SDM aparatur mereka. Sehingga paham dengan adminitsrasi desa.

"Ini penting, agar pengelolaan dana pembangunan desa bisa dilakukan dengan baik," kata William, Rabu (21/6/2017).

Seperti diketahui, saat ini setiap desa telah diberi kewenangan penuh dalam perencanaan dan pengelolaan anggaran pembangunan desa. Maka dari itu kemampuan aparat desa merupakan kewajiban dalam mengelola administrasi pemerintahan desa.

Pemahaman itu sangat penting agar pengelolaan anggaran di tingkat desa sesuai dengan aturan. Dari itu kades diminta agar tidak hanya melihat besarnya anggaran yang akan dikelola. Tapi mesti tahu persis peruntukkan anggaran sesuai dengan aturan yang berlaku.

'Dari itu kami mendorong agar tata cara pelaporan harus sesuai. Selain itu besarnya anggaran diharapkan mampu mendongkrak pembangunan di lingkungan desa, sehingga tidak terlalu bergantung dengan anggaran pemerintah daerah lagi," tukas William.

Dia mengatakan, ketatnya pengawasan terhadap administasi desa menjadi tuntutan agar seluruh aparatur desa mulai belajar dan mengerti, seperti cara membuat surat. 

"Dari itu kami berharap seluruh Kepala Desa memahami aturan Undang-Undang tentang Desa dan aturan penunjang lainnya seperti Peraturan Pemerintah (PP)," tandas William. (NACO/B-11)

Berita Terbaru