Lapor RT Jika Rumah Ditinggal Mudik

  • Oleh Naco
  • 21 Juni 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Parimus mengingatkan warga yang mudik Lebaran supaya melapor ke ketua RT di tempat tinggal masing-masing. Tujuannya supaya rumah yang ditinggal mudik tetap aman.

"Kami sangat mendukung  agar semua pengamanan di tingkat RT dan RW ditingkatkan. Terutama lingkungan perumahan warga yang  kini banyak ditinggal mudik penghuninya," kata Parimus, Rabu (21/6/2017).

Menurut dia, rumah yang ditinggal dalam keadaan kosong memberikan ruang bagi pelaku kejahatan untuk beraksi. Akan tetapi, dengan melapor ke ketua RT atau RW paling tidak bakal ada pengamanan yang bisa menekan kejahatan.

"Karena menjelang Lebaran ini saya melihat banyak warga yang mudik, akhirnya maling bisa leluasa masuk rumah warga, menguras harta benda, tukas Parimus

Selain itu, ia juga mengimbau warga supaya mengunci rumah dengan  baik bila berencana mudik. "Apa yang dilakukan pihak kepolisian, Satpol PP, sangat kami dukung, yang dengan rutin patroli di malam maupun siang hari," kata Parimus.

Ia turut menyarankan, Pemkab Kotim bersinergi dengan kepolisian supaya bisa bersama-sama menekan angka kejahatan. "Paling tidak ketua RT menyampaikan kondisi  warganya saat mudik Lebaran, apakah banyak rumah kosong atau tidak." (NACO/B-3)

Berita Terbaru