Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Harus Tanggap Soal Limbah

  • Oleh Naco
  • 24 Juni 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rudianur, meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tanggap terhadap setiap permasalahan limbah.

"DLH harus tanggap, jangan menunggu ada laporan baru bergerak, begitu juga jika ada perusahaan yang melanggar berkaitan dengan limbah ini harus diusut sampai tuntas dan transparan," pinta Rudianur, Sabtu (25/6/2017).

Menurut dia, sejauh ini sistem pengelolaan limbah perusahaan ada yang belum memenuhi standard. Namun tindak lanjut dari DLH tidak jelas. Sehingga menjadi pertanyaan bagi publik seperti apa prosesnya.  "Perusahaan yang mengelola limbahnya sembarangan dan mencemari lingkungan, sanksinya jelas dan itu pidana," kata Rudianur.

Untuk itu, ia mengingatkan DLH jangan main-main dalam hal menindaklanjuti setiap laporan masyarakat terkait limbah. "Seperti limbah CPO beberapa waktu lalu, kita semua menunggu progresnya seperti apa Karena tumpahnya CPO beberapa waktu lalu sudah mencemarkan perairan Sungai Cempaga," tegas Rudianur.

Seperti diberitakan, Senin (19/6/2017) malam, CPO di pelabuhan bongkar muat PT Surya Mentaya di Desa Cempaja Mulia Barat, Kecamatan Cempaga, Kotim, tertumpah saat proses pemindahan dari tangki truk ke tongkang. Akibatnya Sungai Cempaga menjadi tercemar akibat insiden tersebut. (NACO/B-3)

Berita Terbaru