Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seru! Puluhan Kera Minta Makan Pengendara yang Lintasi Jembatan Ini

  • Oleh Noor Annisa
  • 26 Juni 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ada pemandangan unik jika melewati jembatan di kawasan Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotim. Jembatan ini menjadi tempat bersantai banyak kera yang jumlahnya mencapai puluhan, sambil menantikan makanan yang diberi pengendara saat melintasi jembatan itu.

Kawasan dekat dengan pantai ujung pandaran tersebut memang sering dijumpai banyak kera yang berkeliaran. Tetapi seperti sudah menjadi kebiasaan, kera-kera ini akan lebih sering didapati di jembatan yang satu ini.

Menurut Yuli, warga sekitar, kebiasaan kera-kera berkumpul di jembatan sudah berlangsung lama, kemungkinan terjadi karena banyak pengendara yang lewat dengan sengaja memberikan makanan.

"Memang di jembatan itu paling banyak kera berkumpul, banyak yang lewat dan kasih makanan, jadi mereka senang," kata Yuli, Senin (26/6/2017).

Jembatan yang satu ini hanya jembatan biasa, yang berada di jalan lintas penghubung anatara Kabupaten Kotim dan Kabupaten Seruyan. Namun masih berada pada kawasan Kotawaringin Timur.

Para kera ini tidak dipelihara, tetapi begitu akrab jika bertemu manusia. Tidak juga di kebun binatang tetapi kera ini sangat jinak. Memang jembatan ini sering dilewati banyak orang, dan tak jarang mereka mampir untuk sekedar memberi para kera ini makanan, seperti pisang, kacang, dan lainnya.

Jika diperhatikan, kera ini memiliki kepala kelompok. Sedikit menakutkan, dengan sebelah tangan yang putus dan taringnya yang panjang. Si bos kera ini tidak berkeliaran seperti para kera lainnya. Jika yang lain menunggu dan mengambil makanan yang dibagikan orang yang lewat, maka kera yang satu ini hanya duduk di bahu jembatan menantikan anak buahnya mengantar makanan ke hadapannya.

Cukup seru jika lewat di tempat ini. Jika belum sempat berkunjung ke kebun binatang, mampir dan memberi makan kera di sini sudah terasa menyenangkan. (NOOR ANNISA)

Berita Terbaru