Anggota DPRD Barito Timur Usulkan Rapat Dengar Pendapat Umum Soal Pilkades, DD, ADD

  • Oleh ANTARA
  • 04 Juni 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur mengusulkan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Pemerintah Kabupaten Barito Timur terkait penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang belum tersalurkan hingga akhir Mei 2017.

Anggota DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional Gomelson Lazarus Bayan SKM mengatakan, usul ia disampaikan ketika ia melakukan reses perorangan ke Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur.

"Saat melakukan reses perseorangan, ada tiga hal yang dijelaskan masyarakat Desa Jaweten, di antaranya masalah Pemilihan Kepala Desa Serentak, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), serta pengelolaan jalan Pertamina sepanjang kawasan lintasan desa," ungkap Gomelson, Minggu (4/6/2017).

Menurutnya, sumber dana pilkades serentak pada 87 desa di Kabupaten Barito Timur bersumber dari ADD (APBD) Kabupaten Barito Timur.

Jika dana tidak bisa diproses, maka akan berpengaruh pada pelaksanaan pilkades. Ini perlu solusi dengan tujuan agar pilkades tidak tertunda.

"Oleh karena itu, perlu ada penjelasan secara konkret dari pemerintah agar pelaksanaan pilkades berjalan lancar," ungkapnya.

Ia juga menerangkan, pemerintahan desa merupakan ujung tombak pembangunan suatu daerah. Jika dana pelaksanaan pembangunan terkendala, maka akan terkendala pula pembangunan infrastruktur di desa tersebut. (KBA)

Berita Terbaru