Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Kekurangan Dokter Spesialis Dasar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Juni 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Palangka Raya dinyatakan kekurangan tenaga medis terutama untuk dokter spesialis dasar. Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya Andjar Hari P.

"Terlebih dengan dibukanya Rumah Sakit Umum (RSU) Kelas D yang terletak di Kalampangan, Kota Palangka Raya tentu kita juga membutuhkan penambahan tenaga dokter. Terutama yang dibutuhkan dokter spesialis dasar seperti spesialis bedah, spesialis kandungan yang sudah ada tapi perlu ditambah, kemudian spesialis anak serta spesialis penyakit dalam," ungkap Andjar kepada Borneonews, Jumat (30/6/2017).

Menurut Andjar, untuk spesialis penyakit dalam ada dokter yang sedang disekolahkan oleh pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan. "Jadi diharapkan begitu lulus, mengabdi di sini lagi," tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia mengatakan, pihaknya memang tidak menginginkan untuk mendatangkan tenaga dokter dari luar. Terutama untuk kawasan pinggiran Kota Palangka Raya.

"Kalau kita menerima dari luar sedangkan orang luar tidak mau tugas di sini kan susah juga. Contoh saja kita sudah punya dokter malah mau minta pindah ke provinsi, padahal dia juga sudah tugas di wilayah ibukota provinsi," keluh Riban Satia.

Saat ini, Riban mengaku sedang mencari formula untuk memenuhi kekurangan tenaga dokter. Salah satunya dengan mengadakan program beasiswa untuk jurusan kedokteran, keperawatan, kesehatan masyarakat, dan apoteker. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru