Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemeriksaan dan Obat TB di Puskesmas Itu Gratis

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Juli 2017 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari P mengatakan pemeriksaan dan obat penyakit tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC diberikan secara gratis di puskesmas.

"Makanya tidak ada alasan penderita TB/TBC sampai harus kronis dan meninggal, karena pemeriksaan dan obatnya gratis. Kadang masyarakat itu menyepelekan penyakit mematikan ini. Jika hasil pemeriksaan sudah positif penderita diwajibkan meminum obat secara teratur sesuai dengan resep yang telah diberikan," ungkap Andjar kepada Borneonews.co.id, Selasa (4/7/2017).

Obat ini menurutnya harus diminum teratur. Pasalnya, jika tidak diminum secara rutin akan menggagalkan proses pengobatan dan harus menjalani pengobatan lanjutan.

Andjar menjelaskan fase awal penyembuhan TB ialah pasien harus rutin minum obat kombinasi dosis tetap (OAT-KD) selama enam bulan.Jika itu gagal karena tidak rutin diminum, pengobatan ditambah lagi dengan pemberian obat selama 8 bulan.

"Jadi kunci pengobatan TB adalah berobat teratur dan tuntas. Jika tidak teratur minum obat dan masuk ke tahap ketiga malah setiap hari harus mendapat suntikan selama dua tahun, dan biasanya penderita meninggal sebelum tuntas pengobatannya," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru