Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Lupu Peruca Terapkan Sistem Tanam Hazton

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Juli 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara akan jadikan Desa Lupu Peruca, Kecamatan Balai Riam sebagai salah satu wilayah yang akan menerapkan sistem tanam hazton.

"Untuk sementara ini yang menerapkan sistem taman hazton masih di Desa Lupu Peruca saja," kata Kepala DKPP Sukamara, Irlan Kodriansyah, Rabu (5/7/2017).

Menurut dia, di desa tersebut ada beberapa petak sawah yang ditanam dengan sistem hazton, dan apabila percobaan berhasil maka kemungkinan besar petani yang ada di wilayah tersebut akan mulai mengikuti sistem tanam yang pihaknya anjurkan.

"Jika berhasil maka nanti bisa menjadi contoh bagi petani padi lainnya dan membuktikan bahwa sistem tersebut bisa memberkan banyak kemudahan," ujarnya.

Lanjutnya, penerapan sistem tanam padi hazton tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi dan memudahkan petani dalam penan bibit, sehingga proses yang dilakukan tidak serumit saat ini.

"Sistem inikan tidak perlu lagi adanya penyiangan lahan, pemotongan akar bibit sehingga petani bisa menghemat tenaga dan biaya," terang Irlan.

Dikatakannya, tujuan dari tehnik yang akan diterapkan tersebut adalah untuk menjadikan tanaman lebih produktif dengan cara mengurangi anakan padi, sehingga nantinya proses panen bisa dilakukan secara serentak.

"Namun untuk sistem ini kekurangannya adalah terlalu banyak menggunakan benih, yang biasanya petani hanya mengeluarkan 25 kg benih dalam satu hektare kini bisa menjadi 100 kg  dalam satu hektarenya. Namun nantinya saat panenpun hasilnya juga akan banyak bahkan mencapai dua atau tiga kali lipat. " ujar Irlan Kodriansyah. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru