Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Siap Jadikan Industri Sawit Penggerak Perekonomian

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 07 Juli 2017 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah akan mendorong pertumbuhan industri sawit karena mempunyai peran penting bagi ekonomi Indonesia.

"Sebagai komoditas unggulan, sawit punya kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia," kata Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Sri Adiningsih, di Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Industri sawit, menurut Sri, perlu terus ditingkatkan karena menghasilkan devisa besar serta mampu menghidupi lebih dari 5 juta kepala keluarga petani.

"Sawit penting sekali dalam pembangunan di Indonesia. Saya yakin dan sudah melihat sendiri bagaimana perkembangan industri sawit yang banyak menyerap tenaga kerja dan menempatkan Indonesia sebagai pengekspor terbesar di dunia," papar dia.

Sedangkan Ketua Pokja Pangan, Industri Pertanian, dan Kehutanan Komite Ekonomi dan Industri (KEIN), Benny Pasaribu, mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan industri sawit karena melibatkan banyak tenaga kerja berpendidikan rendah seperti tamatan SD atau SMP.

"Harus diakui, di situlah banyak sumber daya manusia kita terutama di daerah-daerah. Walaupun jenjang pendidikan mereka tidak tinggi, namun rata-rata para pekerja sawit merupakan tenaga profesional dan pekerja keras," ujarnya.

Benny menambahkan, berbagai isu negatif terkait industri sawit Indonesia dalam persaingan global merupakan hal yang biasa.

"Kita harus mampu menepis isu-isu negatif itu dengan diplomasi internasional agar industri sawit tetap terus berjalan," tutur Benny. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru