Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dengan Segala Kekurangan, RSU Palangka Raya Sudah Beroperasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Juli 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar H Purnomo mengatakan, meski dengan segala keterbatasan, Rumah Sakit Umum (RSU) Palangka Raya saat ini sudah beroperasi.

"Sementara ini pelayanan yang sudah berjalan di Rumah Sakit Umum Palangka Raya hanya pelayanan vital. Seperti instalasi gawat darurat (IGD), poli anak, poli gigi, rawat inap, vega atau persalinan, laboratorium, apotek, dan layanan BPJS," ungkap Andjar, Rabu (12/7/2017).

Menurut dia, rumah sakit yang berada di Kelurahan Kalampangan itu umumnya hanya dimanfaatkan masyarakat di lingkup Kecamatan Sebangau. "Ini mungkin disebabkan fasilitas ataupun infrastruktur yang belum sepenuhnya selesai dibangun. Makanya warga Palangka Raya masih terfokus di rumah sakit umum yang berada di pusat kota," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Usaha RSU Palangka Raya Sumiran, mengatakan bahwa rumah sakit yang sebelumnya berstatus puskesmas tersebut masih terkendala minimnya ruang pelayanan maupun pasien.

"Karenya, untuk memaksimalkan layanan kita memerlukan penambahan space. Ruangan untuk layanan rawat inap yang seharusnya dimiliki rumah sakit tipe D berkapasitas 50 bed. Saat ini kita hanya mampu menyediakan dua bed. Kendala ruangan menjadi faktor utama. Kalau untuk peralatan yang kita miliki sudah cukup lengkap dan memadai sebagai rumah sakit," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru