Stok Darah di Kotim Menipis, Golongan Darah O Kosong

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Juli 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) dan Bang Darah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Murjani Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) semakin menipis. Bahkan diperkirakan hanya mampu bertahan hingga seminggu ke depan.

Saat ini untuk stok darah golongan O sudah kosong. Ini karena baru saja bulan suci Ramadan, sehingga minat warga untuk mendonorkan sangat sedikit.

"Stok darah saat ini sangat menipis, bahkan sudah ads yang kosong, sehingga sangat menghawatirkan," ujar Humas UDD PMI Kotim Seniwantoko, Kamis (13/7/2017).

Dia menerangkan saat ini pendonor sangat menurun dari biasanya. Jika hari biasa ada 15-25 orang yang donor, namun selama Ramadan hanya ada3-4 orang saja, bahkan terkadang tidak ada sama sekali.

Saat ini untuk golongan darah yang masih tersedia hanya golongan darah A, B dan AB. Namun stok darah yang tersedia itu hanya mampu bertahan hingga sepekan ke depan.

Saat ini PMI mulai jemput bola dengan mendatangi beberapa perusahaan dan dalam waktu dekat akan diadakan donor masal oleh sejumlah karyawan perusahaan. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru