Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mendikbud: Kota Palangka Raya Nggak Jelek-Jelek Amat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2017 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memuji keberhasilan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam mengakomodasi keperluan pembangunan dibidang pendidikan melalui dana APBD.

"Kota Palangka Raya nggak jelek-jelek amat karena sudah menganggarkan biaya pendidikan di atas 10 persen dari APBD meski sesuai amanat undang-uandang wajib 20 persen," ungkap Muhadjir saat membuka seminar nasional dengan tema "Penguatan Pendidikan dalam Mewujudkan Wacana Pemindahan Ibukota Negara di Kalimantan Tengah di Rujab Wali Kota Palangka Raya, Senin (17/7/2017).

Seminar ini merupakan salah satu rangkainan kegiatan Mendikbud selama di Palangka Raya dalam rangka sosialisasi gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai bentuk implementasi nawa cita.

Selain seminar, Mendikbud juga membuka langsung kegiatan Kemah Budaya Nasional (KBN) di Bumi Perkemahan Tuah Pahoe yang diikuti lebih dari 1.000 Penggalang Pramuka dari dalam dan luar negeri.

Tercatat, di 2015 Pemko Palangka Raya menganggarkan 18,7 persen dari total keseluruhan APBD Kota untuk biaya pendidikan dan i 2016 dianggarkan dianggarkan sekitar 12,4 persen dari APBD lantaran ada pemotongan anggaran sebagai upaya penghematan yang terjadi pada semua sektor yang dibiayai anggaran pemerintah.

"Kalau DKI Jakarta sudah 22 persen anggarannya untuk pendidikan. Sementara di Kalimantan, hanya Kalsel yang sudah menganggarkan 18 persen, Kalteng sangat kecil, hanya 3 persen dari APBD provinsi. Makanya saya katakan Palangka Raya nggak jelek-jelek amat karena sudah di atas 10 persen," tambahnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru