Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Honor Panitia Pilkades Belum Dibayar kok malah Bimtek ke Makassar

  • Oleh Naco
  • 18 Juli 2017 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keberangkatan camat dan kepala desa ke Makassar, Sulawesi Selatan dalam rangka bimbingan teknis (bimtek) tentang pemilihan kepala desa (Pilkades) menuai kritik keras. Pasalnya, mereka berangkat saat honor panitia Pilkades desa belum dibayar. Bimtek itu pun juga menjadi tanda tanya, mengapa baru dilakukan saat tahapan Pilkades sudah berjalan lancar tanpa ada kendala.

"Sebagai anggota masyarakat tentu kami sangat menyesalkan Bimtek camat, kades dan pejabat di lingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) ke Makasar, sementara honor Panpilkades desa belum dibayar sampai sekarang," kata tokoh pemuda di Kotim, Anton Al Sudani, di Sampit, Selasa (18/7/2017).

Harusnya, menurut pria yang cukup vokal tersebut, Panitia Pilkades Kabupaten tersebut memikirkan honor panitia desa, karena itu dinilai kebutuhan mendesak demi kelancaran pelaksanaan Pilkades di 79 desa di Kotim. "Jika hal semacam ini terlalu disepelekan dan mementingkan kegiatan Bimtek seperti itu, kami khawatir Pilkades ini tertunda lagi," tegas pria yang aktif di organisasi kelembagaan adat tersebut.

Menurut mantan Panpilkades ini, jangan sampai Pilkades kali ini tertunda lagi, seperti sebelumnya di mana panitia sudah beberapa kali menundanya tanpa alasan yang tepat. Sementara diketahui sejauh ini tidak ada kendala lagi tinggal keseriusan panitia kabupaten saja mau atau tidak melaksanakannnya.

"Karena masalah yang prinsip beberapa waktu lalu yakni revisi Perda sudah beres, jadi apa lagi, tinggal pelaksanaannya saja, kalau mau Bimtek kenapa memilih ke Makasar tidak memilih Kabupaten tetangga saja yang sudah sukses melaksanakan Pilkades serentak," tegasnya.

Masalah ini, lanjut Anton, menuai kritikan keras. "Banyak yang menyayangkan kegiatan ini, kami ingin hasil Bimtek ini nanti dipaparkan, jangan cuma sekadar berangkat saja, namun harus ada dampak positif yang dirasakan, terutama bagi masyarakat," tegasnya.

Senin (17/7/2017), seluruh camat di Kotim beserta puluhan Kades hingga pegawai di lingkungan DPMPD melakukan Bimtek tentang Pilkades di Makasar di tengah Pilkades di Kotim memasuki tahapan penjaringan calon dan 21 Oktober 2017 nanti pelaksanaannya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru