Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Pesisir Sungai Kahayan Diimbau Jangan Lengah Awasi Anak

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 Juli 2017 - 19:14 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejumlah daerah di Kalimantan Tengah saat ini tengah dilanda banjir pascahujan deras mengguyur hampir setiap hari. Namun tidak terjadi di Palangka Raya.

Pantauan Borneonews.co.id, luapan air Sungai Kahayan masih terlihat stabil bahkan surut. Masyarakat juga nampak beraktivitas di pinggiran sungai untuk beraktivitas seperti biasa.

Namun masyarakat khusus di pinggiran Sungai Kahayan tetap diimbau untuk berhati-hati dalam beraktivitas. Termasuk tidak lengah mengawasi anaknya bermain. Ini untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Masyarakat jangan lengah melakukan pengawasan terhadap anak. Kalau perlu tahan diri untuk bermain di pinggiran sungai. Atau bahkan mandipun jangan di sungai karena berbahaya," imbau Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu, Selasa (18/7/2017).

Mengenai banjir yang terjadi di sejumlah daerah, Pambudi mengatakan bahwa banjir merupakan fenomena musibah tahunan akibat hujan lebat yang turun.

Pambudi berpendapat, salah satu cara untuk mencegah terjadinya banjir dengan menggalakan kota penghijauan. Setiap desa harus menggalakan hal ini. Sebab dengan penghijauan, air akan cepat terserap.

Kemudian, tidak membuang sampah maupun ranting pohon yang baru ditebang ke sungai karena itu hanya akan menyumbatkan aliran sungai.

Pambudi menambahkan, penyebab banjir juga bisa dari aktivitas tambang di sungai pada musim surut. "Karena akan berdampak pada pendangkalan sungai yang mengakibatkan air meluap," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru