Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

50 Pelaku UKM Palangka Raya Ikuti Pelatihan Si Boncil

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Juli 2017 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 50 pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kota Palangka Raya mengikuti pelatihan Si Boncil.

Si Boncil ini merupakan akronim dari program Sistem Informasi Belanja Usaha Kecil yang baru diluncurkan oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Kamis (20/7/2017).

Peluncuran Si Boncil memang dirangkai dengan sosialisasi dan pelatihan penggunaannya dengan menghadirkan Hadriansyah yang mencetuskan program tersebut.

Hadriansyah adalah ASN di Pemerintah Kota Palangka Raya yang mencetuskan ide ini. Menurutnya, melalui Si Boncil, pelaku UKM akan dapat memasarkan produknya dengan lebih mudah.

"Program ini merupakan inovasi Pemko dalam memberikan fasilitas perluasan promosi dan pemasaran pelaku UKM. Melalui sistem ini kita berharap pemasaran produk UKM akan semakin efektif dan efisien serta semakin luas," ungkap Penggagas Si Boncil, Hadriansyah dalam laporannya.

Pria yang juga mantan Kasi Bina Usaha, Pemasaran, Promosi dan Pendaftaran Perusahaan pada Dinas Perindustrian dan perdagangan Kota Palangka Raya ini mengatakan bahwa dalam jangka panjang, pihaknya juga akan mengusulkan hak paten Si Boncil ini kepada Kemenkumhan serta merealisasikan program hingga bertaraf regional, nasional hingga internasional.

"Saat ini pemerintah kota mencatat ada sebanyak 5.263 sektor usaha kecil dan 4.106 sektor usaha menengah dengan produk yang dihasilkan sangat bervariasi. Kami berharap, pelaku UKM nantinya dapat memanfaatkan Si boncil secara maksimal sehingga pemasaran produk yang dilakukan semakin luas," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru