Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Kemiskinan Kalteng Lebih Rendah Dari Nasional

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 Juli 2017 - 22:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Deputi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Bidang Kesejahteraan Rakyat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Sukmawar Yuningsih, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang mampu menekan angka kemiskinan sehingga lebih rendah dari nasional.

'Sebenarnya di Kalteng, bila dibandingkan dengan angka nasional masih lebih baik. Berdasar data 2016, karena angka 2017 belum masuk. Aada tujuh kabupaten/kota yang angka kemiskinannya lebih baik dari nasional dan dari rata-rata provinsi. Yang paling baik angkanya yakni 3,73. Itu di Kabupaten Sukamara. Lalu angka yang mendekati yaitu Kota Palangka Raya,' tuturnya saat Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kalteng 2017 di Aula Bappedalitbang Kalteng, Palangka Raya, Selasa (25/7/2017).

Ia menyebut, jumlah penduduk miskin atau di bawah garis kemiskinan nasional berdasarkan data Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBTD) sebanyak 112.470 jiwa. Sedangkan angka kemiskinan di Provinsi Kalteng pada 2016 lalu tercatat 5,37%.

Penduduk miskin itu, lanjut Sukmawar, ada yang masuk kategori desil satu dan desil dua. Yang masuk desil satu adalah yang dapat dikatakan paling tidak mampu. Sedangkan untuk desil dua, dikategorikan sedang atau rentan miskin.

'Untuk Kalteng dengan angka tersebut masih terbilang lebih baik dari nasional. Namun pemerintah harus menyikapinya dengan serius agar bisa lebih ditekan lagi,' tegasnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru