Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah yang Terapkan Full Day School di Kotawaringin Barat bakal Bertambah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Juli 2017 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jumlah sekolah yang akan menerapkan Full Day School di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan bertambah. Waktunya direncanakan pada semester ke dua tahun ajaran 2017/2018. Saat ini sudah empat sekolah yang sudah menerapkan FDS.

"Berdasarkan penilaian kami, ada beberapa sekolah yang dianggap sudah siap. Di antaranya adalah SMP 11 Arut Selatan (Arsel), SMP 2 Arsel, SMP 4 Arsel dan SMP 1 Kumai. Terkait hal ini, nantinya akan kami komunikasikan dengan kepala sekolah yang bersangkutan," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kobar, Aida Lailawati, Jumat (28/7/2017).

Menurutnya ada beberapa hal yang dianggap menjadi kendala, sehingga tidak semua sekolah di Kabupaten Kobar bisa menerapkan kebijakan FDS ini.

"Beberapa kendalanya adalah penentuan jam istirahat khususnya bagi guru, kemudian kelebihan jam mengajar lebih 40 jam 1 minggu," jelasnya.

Selain itu, ketersediaan sarana prasarana di sekolah serta kendala lain juga menjadi pertimbangan sebelum memutuskan kesiapan sekolah untuk melaksanakan FDS.

"Salah satunya adalah keterbatasan sarana tempat ibadah. Kemudian penyesuaian psikologis anak yang biasa selesai belajar dan pulang sekitar pukul 13.00 WIB. Bila FDS diterapkan nantinya, waktu pulang berubah menjadi pukul 15.30 WIB," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru